Tutorial Cara Menghilangkan Virus Di Android Tanpa Antivirus

Diposting pada
ArjunaSoft – Terinfeksi virus memang sangat menjengkelkan, saya sendiri pernah merasakannya. Sangat mengganggu sekali. Mungkin kita sering mendapat tawaran untuk install antivirus, namun menurut saya antivirus pun sangat memberatkan kinerja android kita.

Bahkan kadang virus juga bekerja sama dengan antivirus. Kemudian bagaimana caranya remove virus tanpa antivirus? nah berikut ini saya bagikan caranya:

Cara Menghilangkan Virus Di Android Kamu Tanpa Antivirus

Cara paling ampuh adalah dengan format atau factory reset, resikonya semua data anda hilang. Namun jika itu bukan masalah bagi anda, silahkan saja. Berikut ini saya berikan alternatifnya:

1. Masuk Ke Safe Mode

Cara Menghilangkan Virus di HP Android
Sudah tahu safe mode di PC? yap ini tidak jauh dengan PC , android kita juga bisa masuk menggunakan safe mode.
Cara akses safe: Hidupkan android ketika tampil logo ponsel pada proses booting ini, lalu tekan tombol volume up/down berkali-kali sampai masuk ke homescreen atau googling cara masuk safe mode -tipe hp anda-

2. Cek Aplikasi Di Safe Mode

Kemudian setelah masuk safe mode, anda bebad menghapus aplikasi yang tidak anda kenali di pengaturan aplikasi atau hapus semua file yang mencurigakan.

3. Hapus Aplikasi Mencurigakan

Sebagai contoh diatas adalah aplikasi virus dan saya tidak merasa meng install nya.

4. Hapus Akses Administrator Aplikasi Asing

Terkadang ada beberapa aplikasi yang tidak dapat di uninstall karena sudah mendapatkan izin administrator. Lihat gambar diatas. Hilangkan ijin centangnya.

5. Keluar Safe Mode

 Cara Mencegah Virus Menyerang

Semua virus Android dikirim melalui aplikasi yang terpasang pada perangkat Anda. Oleh karena itu, jika ponsel atau tablet Anda tidak mengandung virus, cara terbaik untuk menghindarinya adalah dengan tidak pernah menginstal perangkat lunak di luar App Store Google Play.

Ini juga berlaku untuk virus Gunpoder, yang baru-baru ini menjadi berita utama setelah Palo Alto Networks menemukan bahwa mereka dapat menyelinap ke telepon Anda melalui emulator game Nintendo yang terpasang di luar Google Play – dan bahkan donasi untuk membuat Anda membayar.

Untungnya, Gunpoder belum terlihat mempengaruhi pengguna di Inggris, namun masih layak mengambil langkah untuk melindungi diri dari virus Gunpoder dan virus Android lainnya yang mungkin akan dirilis di masa depan.

Untuk memastikan Anda tidak menginstal malware secara tidak sengaja dengan menginstal aplikasi di luar Google Play, buka menu Settings, cari opsi Security, dan pastikan opsi Unknown Source (memungkinkan penginstalan aplikasi dari sumber yang tidak diketahui) dinonaktifkan.

Jika Anda ingin memasang aplikasi di luar Google Play, lakukan penelitian Anda. Periksalah izinnya (apakah pemutar video benar-benar perlu melihat kontak Anda?), Cari ulasan online dan lihat di situs web pengembang untuk melihat apa lagi yang dia tawarkan. Dalam kasus Gunpoder, sangat mewaspadai aplikasi emulator game Nintendo.

Anda juga bisa menginstal aplikasi antivirus dan banyak aplikasi antivirus Android gratis tersedia untuk mendeteksi dan menghapus aplikasi berbahaya, misalnya 360 Mobile Security, Avast and Lookout.

Semua menyertakan pemindai aplikasi yang mencari sesuatu yang patut dipertanyakan, namun perhatikan bahwa aplikasi ini juga dapat memicu false positive – laporkan aplikasi yang telah Anda gunakan selama berbulan-bulan sebagai perangkat lunak perusak saat Anda tahu tidak apa-apa.

Dalam kebanyakan kasus, Anda bisa mengabaikan peringatan ini. Juga, selalu dengan Gunpoder dalam pikiran, aplikasi ini mungkin tidak mendeteksi perilaku jahat jika aplikasi mampu menyembunyikannya – Gunpoder menggunakan pustaka Airpush adware untuk menyembunyikan perilaku ini.

Setelah proses penghapusan aplikasi mencurigakan selesai, selanjutnya anda tinggal keluar dari Safe Mode. Caranya dengan melakukan proses Restart seperti biasa.
Baca Juga:

Please rate this

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.