[Mudah] Cara Kalibrasi Baterai Android Tanpa Root

Posted on

Cara Kalibrasi Baterai Android Tanpa Root Sistem operasi Android memiliki fitur yang disebut Baterai Statistik, yang melacak kapasitas baterai, ketika penuh ataupun kosong. Fitur ini memungkinkan OS untuk melacak tingkat persentase baterai saat ini pada perangkat android. Yang jadi masalahnya adalah terkadang fitur baterai statistik tersebut rusak dan mulai menampilkan data yang tidak nyata. hal ini lah bisa membuat baterai cepat habis.

Jika fitur baterai statistik itu rusak atau terganggu maka deteksi persentase baterai akan tidak akurat. Hal itu dapat menyebabkan android anda akan otomatis dimatikan sebelum baterai mencapai 0 persen dan penggunaan batarai tidak akan lama alias lobetan.tentu saja hal ini sangat-sangat mengganggu dalam aktivitas kita. Namu, cara ini bisa kita atasi dengan kalibrasi baterai.

Baca Juga : [Terbaru 2017] Cara Menghembat Baterai Laptop Semua Windows

Pada artikel kali ini akan kami bagikan dua tutorial untuk android cara kalibrasi Baterai android tanpa Root. Yang pertama dengan cara manual, dan cara yang kedua dengan menggunakan aplikasi yang bernama Current Widget: Battery Monitor. Silakan simak langkah-langkahnya di bawah ini :

Cara Kalibrasi Baterai Android Tanpa Root

 Cara Pertama (Manual)

  • Charger Ponsel anda seperti biasa sampai penuh (100%) dalam keadaan menyala. Setelah penuh, kemudian matikan Ponsel anda.
  • Ketika dalam keadaan mati, charge kembali ponsel Android anda hingga penuh. Perhatikan indikator pengisian baterai dilayar seperti lampu LED yang kalo penuh jadi hijau itu.
  • Setelah penuh, nyalakan kembali ponsel android anda, terus chargesekali lagi hingga 100%.
  • Sekarang ponsel android anda sudah bisa dipakai seperti biasanya lagi. Buat browsing, nonton video, game, chatting, atau apapun. Jika batre berkurang Jangan di-charge dulu  biarkan sampai ponsel anda mati sendiri karena kehabisan baterai.
  • Kalau baterainya sudah habis, diamkan dulu ponsel anda kira-kira 10-15 menit.
  • Sekarang charge kembali ponsel android anda dalam keadaan mati hingga penuh lagi.
  • Ingat : Jangan dinyalain dulu sebelum penuh. Pokoknya sampe bener-bener penuh 100%, baru boleh anda nyalakan.

Nah, sekarang baterai Ponsel Android anda sudah terkalibrasi secara manual. Menggunakan cara ini memang sedikit ribet, harus sabar dan juga disiplin. Kalau bisa, anda ulangi cara ini sampai beberapa kali, supaya lebih kerasa perbedaannya.

Cara Kedua (Menggunakan Aplikasi)

    • Download dan install Current Widget: Battery Monitor di Playstore atau bisa disini
    • Pasang widgetaplikasi tersebut ke homescreen ponsel anda.Cara Kalibrasi Baterai Android Tanpa RootCara Kalibrasi Baterai Android Tanpa Root
  • Charge ponsel android anda hingga penuh, tunggu sampai angka pada widget menunjukkan angka optimal kapasitas baterai ponsel anda.
  • Setelah selesai, cabut charger lalu restart Ponsel Android anda.
  • Setelah semuanya selesai, baterai anda sudah terkalibrasi dan tidak bermasalah lagi.

Itulah tadi dua cara kalibrasi baterai Hp Android tanpa Root yang bisa anda lakukan sendiri. Cara pertama memang sedikit ribet dan membutuhkan ketelitian dan kesabaran. Namun, jika menginginkan cara yang lebih simple bisa menggunakan cara yang kedua. Jika anda memiliki cara lain dan tidak keberatan membagikan caranya kepada kami dan pembaca lainnya silakan share dikolom komentar. Terima kasih telah berkunjung.

Baca Juga :

[Mudah] Cara Kalibrasi Baterai Android Tanpa Root
Beri Bintang