6 Cara Mengatasi Android Lemot dan Cepat Panas

Diposting pada

Cara Mengatasi Android Lemot – Android adalah sistem operasi smartphone terbaik dan tercanggih saat ini. Kita sebagi pengguna diberikan hak penuh untuk melakukan penyesuaian sesua kita.

Karena android menganut sistem free open source yang artinya kita bisa mengoprek luar dalam tanpa harus membeli lisensi nya alias gratis .

Namun dalam jangka waktu pemakaian tertentu smartphone android kita butuh perawatan khusus dan cara pemakaian yang benar untuk menghindari melambatnya proses dalam sistem android kita atau bahkan sampai terjadi kerusakan.

Tentu anda pernah merasakan titik dimana lemotnya atau lambat android anda untuk sekedar BBM atau Browsing di Internet. Nah, berikut ini saya bagikan kepada anda bagaimana penanganan masalah lemot ya android anda.

Silahkan dibaca kemudian dipraktekkan, saya harap bisa membantu masalah teman-teman semua.

Cara Mengatasi Android Lemot dan Cepat Panas

  1. Kenali Sumber Masalah

Sebelum melakukan perbaikan pada suatu kerusakan atau masalah tentu kita harus tau penyebabnya. Jadi langkah perama yang bisa anda lakukan ada mencari penyebab dari masalahnya.

Karena kita sedang pada pembahasan mengatasi android yang lemot, jadi silahkan langkah berikut ini untuk memulai pencarian masalah.

  1. Memory Terlalu Penuh

Mungkin tanpa anda sadari selama ini terus menerus menambahkan file atau foto kedalam ponsel anda, walaupun file itu sudah tidak dibutuhkan lagi namun anda lupa menghapusnya,

Jadi mulai sekarang anda lebih perhatian lagi tentang file-file tersebut.

Akhir akhir ini banyak juga aplikasi gratis yang keren keren layak anda coba, tapi menurut saya jika sudah dicoba dan menurut anda kurang bermanfaat dan jarang dibuka lebih baik dihapus saja. karena ukuran aplikasi android cukup besar .

Karena jika memory terlalu penuh ini akan membuat sesak nya ruang gerak sistem dan sangat berpengaruh pada kinerja android anda.

  1. Kurangi Widget

Widget-widget yang anda  pasang di layar home mungkin sangat berguna bagi anda.

Tapi perlu anda waspadai setiap widget yang aktif dilayar home akan bekerja bersamaan ketika anda melihat layar home, yang menurut saya hamper setiap saat kita melihat layar home.

Karena berjalan bersamaan maka secara otomatis RAM yang di pakai akan semakin besar dan bikin sesat.

Tidak ada salahnya memiliki banyak widget, tetapi anda juga harus cukup bijak untuk memilih milih widget yang sangat anda perlukan saja.

Jadi mulai detik ini, sortir widget yang sangat anda butuhkan saja.

  1. Tutup aplikasi dan bebaskan RAM

Tutup aplikasi dan bebaskan RAM

Bagi anda yang sedang buru buru mungkin akan menutup begitu saja ketika selesai membuka aplikasi tanpa membersihkan aplikasi yang berjalan yang sebenarnya tidak anda butuhkan kembali.

Multi-tasking memang memudahkan kita untuk beralih dari satu aplikasi ke aplikasi lain tapi ini akan membuat beban RAM anda bertambah.

Jadi lebih baik tutup aplikasi yang anda buka sebelumnya, setelah itu barulah jalankan aplikasi lainya.

Untuk membuat  lebih banyak FREE RAM  SPACE anda bisa gunakan fitur bawaan, setiap ponsel android berbeda beda caranya. Biasanya tekan tombol home beberapa detik.

  1. Animasi Layar Dan Transisi

Memang animasi yang cantik akan membuat anda betah menatap layar anda.

Animasi yang cantik akan memanjakan anda dan tidak bosan karena bisa diganti ganti, tapi tahukan anda. Animasi cukup memakan beban prosessor ?

Karena tampilan grafis membutuhkan daya tinggi untuk dijalankan secara detail.

Tapi keputusan ditangan anda, karena sebagian orang ada yang suka tampilan ketimbang performa.

Ada juga yang mementingkan performa ketimbang penampilan, seperti saya misalnya. Saya tipe orang yang tidak mementingkan tampilan. Asal bisa bekerja dengan cepat dan hasil mantap, urusan manjain mata belakangan.

  1. Restart Android

Mau coba cara yang simple? Coba cara mengatasi android lemot yang mudah ini.

Hanya dengan me restart android maka anda akan mendapati ponsel pada keadaan fresh dan siap tempur. Kenapa bisa begitu?

Karena setelah hidup kembali RAM dan sistem cache kita bersih kembali dan kosong seperti semula. Jadi jadwalkan kapan anda harus mematikan ulang android anda.

Baca juga:

 

Sekian share cara mengatasi android yang lemot. Semoga membantu jangan lupa jika ada masalah pada android mampir kesini ya di ArjunaSoft kita kan selalu update artikel terbaru, terima kasih

Please rate this

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.